Rabu, 16 November 2011

SUSUNAN TATA SURYA

Matahari sebagai pusat tata surya berada pada jarak 30 tahun cahaya dari pusat BhimaSakti. Benda-benda langit (planet, satelit, komet-komet, meteor-meteor, debu, danplanet) beredar mengelilingi Matahari sebagai pusat disebut tata surya. Keseluruhansistem ini bergerak mengelilingi pusat galaksi.1. MatahariMatahari merupakan anggota tata surya yang paling besar. Matahari merupakan pusatsumber tenaga dilingkungan tata surya. Matahari terdiri dari inti dan tiga lapisan kulit,masing-masing fotosfer, chromosfer dan corona. Pada pusat matahari, suhunyamencapai jutaan derajat Celicius dan tekanannya C dan memancarkan hampir semuacahaya.Menurut J.R Meyer, panas matahari berasal dari batu meteor yang berjatuhan dengankecepatan tinggi pada permukaan Matahari. Sedangkan menurut teori kontraksi H.Helmholz, panas itu berasal dari menyusutnya bola gas. Ahlu lain, Dr. Bothemenyatakan bahwa panas tersebut berasal dari reaksi-reaksi nuklir yang disebut rekasi”hidrogen helium sintesis”.Matahari sangat penting bagi kehidupan dui muka bumi karena:1. Merupakan sumber energi (sinar panas). Energi yang terkandung dalambatubaradan minyak bumi sebenarnya juga berasal dari matahari.2. Mengontrol stabilitas peredaran bumiyang juga berarti mengontrol terjadinya siangdan malam, bulan, tahu, serta peredraan planet lain.3. Dengan mempelajari matahari yang merupakan bintang yang terdekat, berartimempelajari bintang-bintang lain.

2. Planet Merkurius.Merkurius merupakan planet terkecil dan terdekat dengan Matahari. Merkurius tidak mempunyai satelit atau bulan, tidak mempunyai hawa. Planet ini mengandung albedo,yaitu perbandingan antara cahaya yang dipantulkan dengan yang diterima darimatahari sebesar 0,07. Ini berarti 0,93 atau 93 % cahaya yang berasal dari Matahari 
diserap. Garis tengahnya 4500 km, lebih besar daripada garis tengah bulan yanghanya 3160 km. Karena letaknya yang begitu dekat dengan Matahari, maka bagianyang menghadap Matahari sangat panas. Sebaliknya yang tidak menghadap Mataharimenjadi dingin sekali (karena tidak ada air maupun udara). Diperkirakan tidak adakehidupan sama sekali di Merkurius. Merkurius mengadakan rotasi dalam waktu 58,6hari. Ini berarti panjang siang harinya 28 hari lebih demikianjuga malam harinya.Merkurius menegeliulingi Matahari dalam waktu 88 hari.

3. Planet Venus.Planet ini lebih kecil dari Bumi, mempunyai albedo 0,8 atau 20 %cahaya Matahariyang dapat diserap. Planet ini diliputi awan tebal (atmosfer) yang mungkin terjadidari karbon dioksida, tetapi tidak mmengandung uap air dan oksigen. Planet ini tidak mempunyai satelit. Venus menempati urutan kedua terdekat dengan matahari. Planetini dikenal dengan bintang kejora tau bintang sire yang bersinar terang oada waktupagi dan sore hari. Besarnya hampir sama dengan Bumi, yakni bergaris tengah 12.320km, sedangkan Bumi bergaris tengah 12.640 km. Rotasi venus 247 hari, danmberevolusi (mengelilingi Matahari) selama 225 hari artinya 1 tahun venus adalah 25hari.

4. Planet Bumi.Bumi menempati urutan ketiga terdekat dengan Matahari. Ukurannya hampir samadengan Venus dan bergaris tengah 12.640 km. Jarak antara bumi dengan Matahriadalah 149 juta km. Jarak ini sering sering diubah menjadi satuan jarak astronomi(AU) Jadi 1 AU = 140 juta km. Bumi ini mengadakan rotasi 24 jam, berarti hari bumi= 24 jam. Satu hari venus = 247 hari bumi atau 257 x 24 jam bumi.Bumi mempunyai atmosfer dan mempunyai satelit yaitu bulan.

a. Gerak Rotasi BumiPepatan Bumi besarnya 1/300 sehingga dapatlah dianggap bumi memiliki bentuk bola. titik pusatnya berimpit dengan titik pusat bola langit. Sumbunya menembuspermukaan Bumi dikutub Utara dan Selatan. Orang menganggap bahwa bola langitettap tinggal diam, sedang bumi berputar pada sumbunya dari Barat ke Timur.Anggapan tersebut telah dikemukakan oleh sarjana-sarjana Yunani sepertiPhytagoras, Philolaus, Herakleitos dan terakhir oleh Kopernikus dari Polandia. Gerak bumi berputar pada porosnya disebut rotasi dari Bumi. Arah rotasi Bumi sama denganarah revolusinya yakni dari Barat ke Timur. Inilah sebabnya mengapa matahari terbitdari lebih dulu di Irian Jaya daripada di Jawa. Satu kali Bumi menjalani 3600 yangditempuh selama 24 jam. Jadi setiap derajat ditempuh dalam 4 menit. Rotasi bumi initidak dapat kita saksikan. Gerak dari Timur ke Barat Matahari serta benda-bendalangit lainnya disebut gerak semu harian Matahari. Tempat-tempat yang terletak padagaris bujur yang sama, maka sama pula waktunya.

b. Akibat Rotasi Bumi
-Gerak semu harian dari matahari , yang sekan-akan Matahri, bulan, bintang-bintang,dan benda-benda langit lainnya terbit di Timur dan terbenam di Barat.
-Pergantian siang dan malam dimana separoh dari bola bumi menerima sinar Matahari (siang), sedangkan separoh bola lainnya mengalami kegelapan (malam).Batas siang dan malam ini merupakan sebuah lingkaran di sekelilingi bumi.
-Penyerongan atau penyimpangan arah angin, arus laut yang dapat diterangkandengan hukum Buys Ballot. Arus-arus hawa (angin) tidak bergerak lurus dari daerahmaksimum ke daerah minimum tetapi membias ke kiri bagi belah bumi Selatan.Hukum ini tidak hanya berlaku bagi arus hawa, tetapi juga bagi arus laut dan arussungai.
-Penggembungan di Khatulistiwa serta pemepatan di kedua kutub Bumi.
-Timbulnya gaya sentrifugal yang meneybabkan pemepatan Bumi tersebut sertapengurangan gaya tarik hingga arah vertikal (untang-anting) tidak tepat menuju ketitik pusat Bumi, kecuali di khatulistiwa dan di Kutub.
-Adanya dua kali air pasang naik dan pasang surut dalam sehari semalam.
-Perbedaan waktu antara tempat-tempat yang berbeda.

c. Gerak Revolusi dari BumiBerkat penyelidikan tiga sarjana Galileo Galilei, Tycho Brahe dan Keppler makasusunan alam secara Heliosentris dari Copernicus diakui keunggulannya. Dalam susunan ini, maka Bumi berevolusi mengelilingi Matahari. Bumi beredar mengelilingiMatahari dalam satu kali revolusi selama waktu satu tahun.Selama mengitari matahari ternyata sumbu bumi miring dengan arah yang samaterhadap bidang ekliptika tersebut. Akibat dari revolusi bumi ialah:

*pergantian empat musim yakni di sebelah Utara garis balik Utara (23 ½ LU)
*Perubahan lamanya siang dan malam
*Terlihatnya rasi (konstelasiI bintang yang beredar dari bulan ke bulan.

4. Planet Mars.Planet ini berwarna kemerah-merahan yang diduga tanahnya mengandung banyak oksigen, sehingga kalau oksigen masih ada, jumlahnya sangat sedikit. Padapermukaan planet ini, didapatkan warna-warna hijau, biru, dan sawo matang yangselalu berubah sepanjang masa tahun. Diperkirakan perubahan warna tersebut sebagaiperubahan musim dan memungkinkan adanya lumut dan tumbuhantingkat rendahyang lain. Penyelidikan terakhir menunjukkan bahwa planet Mars etrdapat uap air ,meskipun dalam jumlah yang sangat kecil. Namun para ahli lebih cenderungberpendapat perubahan warna permukaan planet disebabkan oleh angin pasir danbukannya organisme. Mars mempunyai dua satelit atau bulan yaitu phobos dandaimus.Jarak planet Mars dengan Matahari ialah 226,48 juta km. Garis tengahnya adalah6272 juta km dan revolusinya 1,9 tahun rotasinya 24 jam 37 menit. Berdasar datayang dikirim oleh satelit Marinir IV di Mars tidak ada oxigen, hampir tidak ada air,sedangkan kutub es yang diperkirakan mengandung banyak air itu tak lebihmerupakan lapisan salju yang sangat tipis. Ole karena itu kutub yang berwarna putih itusering lenyap.Akhir-akhir ini, sedang giat-giatnya dilakukan pengamaan terhadap planet-planet.Salah satu peluncuran oengamat adalah Titan III yang diluncurkan oleh pesawat oalngalik ”Endever” pada bulan September 1992. Diharapkan setelah 1 tahunperjalanandari orbit ke parkir dapat membuat laporan tentang peta Mars, kemudian melanjutkanpenjelajahan melakukan pengamatan dan pemetaan terhadap planet-planet lain(Asteroida, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto). Bila tidak ada aralmelintang, laporan itu diharapkan dapat dimonitor terus dari Bumi.

5. Planet Yupiter Yupiter merupakan planet terbesar. Berdasarkan analisis spektroskopis, planet inimengandung gas metana dan amniak yang banyak serta mengandung gas hidrogen,albedonya 0,44. yupiter mempunyai kurang lebih 14 satelit atau bulan. Planet Yupiter 
 
berdiameter 138.560 km, rotasinya cepet, pada bgaian ekuator tampak sedikitmenegmebang dan mebentuk sabuk. Massa planet ini sangat besar, hampir tiga ratusjali massa bumi dan gravitasinya 2,6 kali gravitasi bumi. Oleh karena itu mempunyai daya tarik yang sangat kuat sehingga mempunyai 12 satelit (bulan) dan 3 darinyaberedar berlawanan arah dengan 9 lainnya.

6. Planet Saturnus.Saturnus mempunyai massa jenis yang sangat kecil dari air yaitu 0,75 g/cm3 sehinggaterapung di air. Ternyata, planet ini berupa gas yang terdiri dar metana dan amoniak dengan suhu rata-rata 1030 C. Saturnus mempunyai 10 satelit dan diantaranya tangterbesar di sebut Titan (besarnya dua kali besar bulan bumi), yang lain disebut Phoebeyang bergerak berlawanan arah dengan 9 satelit lainnya, yang menunjukkan bahwa phoebe bukan ”anak kandungnya”. Planet saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah Yupiter. Planet ini berdiameter 118.400 km, berotasi cepat yaitu 10 jam.Planet ini merupakan planet yang mempunyai cincin sabuk raksasa.Keanehan Phoebe dan sabuk raksasa itu memperkuat teori Tidal. Kecuali itu, sabuk Saturnus itu mengembang dan merapat pada permukaan planet 15 tahun sekali.

7. Planet UranusUranus memiliki 5 satelit, yaitu Miranda, Ariel, Umbriel,, Titania dan Oberan.Berbeda degan planet lain, arah gerak rotasi Uranus dari Timur ke Barat. Jarak keMatahari adalah 2860 juta km dan mengelilingi Matahari dalam waktu 84 tahun.Rotasinya 10 jam 47 detik. Planet ini dtemukan oleh Herschel dan keluarganyadengan tidak sengaja pada tahun 1781 ketika mereka mengamati Saturnus. Besar Uranus kurang dari setengah Saturnus, bergaris tengah 50.560 km. Berdasarkanpengamat peswat VOYAGER pada bulan Januari 1986, Uranus memiliki 14 buahsatelit.

8. Planet Neptunus. Neptunus mempunyai dua satelit, satu diantaranya disebut Triton. Satelit Tritonberedar berlawanan dengan gerak rotasi Neptunus. Jarak ke Matahari 4470 juta km,mengelilingi Matahari dalam 165 tahun sekali seputar. Planet diketemukan pada tahun1846 ketika para astrounm sedang menamati planet Uranus yang agak menyimpangorbitnya. Berdasarkan hipotesis para astronot, penyimpangan tersebut pasti ada yangmempengaruhi dan itu ternyata benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar